Saturday, June 2, 2012

Kiat-kiat dalam Memilih Kain Batik yang Murah ~ Setahu Saya

Seiring dengan meningkatnya ketertarikan untuk mengenakan batik, ketersediaan batik murah pun menjadi semakin meningkat. Jika dahulu konsumen hanya dapat mendapatkan baju batik dengan harga yang murah di pasar tradisional yang terdapat di daerah penghasil batik seperti Jogja dan Pekalongan, saat ini batik murah sudah tersedia di berbagai tempat seperti pusat-pusat perbelanjaan, atau bahkan di mall. Membeli baju batik yang harganya relatif murah bukan berarti Anda harus mengorbankan kualitasnya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam melilih kain batik. Untuk informasi yang lebih lanjut, simaklah penjelasan mengenai tips dalam memilih kain batik di bawah ini.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih kain batik murah adalah jenis kain yang digunakan. Perbedaan harga kain batik memang berdasarkan jenis kain yang digunakan. Pada umumnya, kain batik murah menggunakan jenis kain katun. Namun, sebelum Anda membelinya, Anda harus pastikan bahwa kain katunnya nyaman untuk dipakai. Jangan sampai memilih kain katun yang seratnya keras karena tidak akan nyaman untuk digunakan. Sebenarnya banyak sekali jenis kain yang digunakan untuk batik. Ada kain katun, dobi, viscos, sampai sutera. Untuk kain batik yang relatif murah, Anda dapat membeli batik dari bahan katun prima atau primis. Tetapi, katun prima dan primis pun memiliki tingkatan yang berbeda. Hindari kain katun yang kasar atau agak kasar demi kenyamanan Anda.

Selain memperhatikan jenis kainnya, Anda juga harus memperhatikan pola motif batik dalam memilih kain batik murah. Ada beberapa jenis pola batik diantaranya adalah motif klasik, modern atau kontemporer, bahkan kombinasi antara klasik dan kontemporer. Karena popularitas batik saat ini semakin berkembang, motif pada kain batik yang tersedia di pasaran menjadi semakin kaya dan beragam. Untuk itu, Anda tinggal menyesuaikan dengan keinginan Anda. Selain itu, kain batik ada yang menggunakan proses batik cap atau batik tulis. Pada umumnya, karena proses batik tulis lebih rumit, maka kain batik tulis cenderung lebih mahal. Di sisi lai, jika Anda ingin membeli batik murah, umumnya kain tersebut menggunakan proses batik cap.
 




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.