Thursday, August 2, 2012

Cara Tepat Memilih Konsultan Statistik

 Penelitian ilmiah atau proses survey terkadang membutuhkan seorang konsultan statistik agar hasil yang didapat bisa tepat dan jelas. Mulai dari proses pengambilan sampel data, sampai proses akhir penghitungan data harus menggunakan metode yang tepat dan benar. Konsultan statistik akan membantu penelitian atau survey yang dilakukan agar bisa berjalan lancar. Dengan memakai jasa konsultan statistik, banyak kemudahan yang akan kita dapatkan. Diantaranya adalah membuat proses pengambilan data menjadi lebih mudah, dan membuat proses penghitungan data statistik menjadi lebih akurat dan jelas. Keuntungan ini tidak bisa didapat jika anda tidak meminta bantuan kepada konsultan statistik.
 
                     Namun begitu, kita tidak bisa sembarangan memilih konsultan statistik untuk kita jadikan partner. Pilihlah konsultan statistik yang benar-benar berkualitas dan memiliki track record yang bagus. Soal harga tidak masalah asal hasil yang didapat berkualitas, itu jika anda lebih mengedepankan kualitas daripada harga. Tapi jika anda lebih memilih lebih mengedepankan harga daripada kualitas, maka sah-sah saja memilih konsultan statistik yang mematok tarif murah. Asal anda harus siap-siap jika nanti hasil yang didapat kurang memuaskan. Saran saya pilihlah kualitas dari konsultan statistik tersebut agar hasil yang didapat berkualitas dan mampu memberikan hasil yang akurat.
 
                     Seorang konsultan statistik biasanya mempunyai metode sendiri-sendiri dalam mengolah data. Ada baiknya anda meminta kejelasan tentang metode yang dipakai. Hal ini penting agar anda bisa mengetahui kualitas dari metode yang mereka pakai. Tanyakan juga apa background dari konsultan statistik tersebut supaya nanti hasil yang didapat bisa optimal. Apakah backgroundnya seorang lulusan sarjana statistik atau tidak. Ini perlu agar anda mengetahui dengan jelas akan orang yang nantinya membantu anda. Bila nanti sewaktu-waktu terjadi error, tanyakan juga bagaimana cara konsultan statistik tersebut untuk mengatasinya. Memang seorang konsultan statistikprofesional biasanya selalu memperhitungkan kesalahan yang mungkin terjadi dan berusaha meminimalisirnya. Tapi tidak ada salahnya jika anda bertanya kepada konsultan statistik sekedar untuk mengetes kemampuannya. Dengan begitu anda akan mengetahui kapasitas dan kemampuan dari seorang konsultan statistik. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.