Monday, May 7, 2012

KOPI LUWAK ASLI

Mengenai kopi, tentunya Anda telah banyak tahu akan keunikan, kekhasan rasa, dan kenikmatan dari tumbuhan yang satu ini. Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar kedua setelah Brazil. Lalu bagaimana dengan kopi luwak, apakah Anda pernah mendengarnya. Disini akan sedikit mengulas tentang kopi luwak dan keunikan kopi luwak dibandingkan dengan kopi-kopi biasa lainnya. Banyak jenis kopi yang kini beredar luas dipasaran dan dapat ditemukan disetiap toko ataupun ruko-ruko penjaja barang dagangan kebutuhan pokok sehari-hari. 

Kopi luwak merupakan kopi yang memiliki nilai jual dan harga paling mahal dipasaran. Harga mahal dari kopi luwak ini, bahkan telah terjadi sejak jaman penjajahan Belanda. Kopi luwak telah terkenal hingga kemancanegara, dan Indonesia adalah negara dari komoditas kopi fantastis yang satu ini. Kopi luwak telah menyihir para konsumen dan penikmat kopi dengan rasanya, meskipun harganya begitu mahal penggemar dari kopi luwak saat ini tidak pernah berkurang, melainkan terus mengalami peningkatan.

Proses Terbentuknya Kopi Luwak

Kopi luwak pada dasarnya sama dengan kopi-kopi lainnya baik jenis kopi Arabika (Coffe Java) dan kopi Robusta. Kopi luwak berasal dari pohon kopi yang dibudayakan oleh kebanyakan penduduk Jawa dan Sumatra. Budaya kopi ini selanjutnya terbentuk oleh Alam baik dari tumbuh kembang, dari kucup bunga kopi hingga menghasilkan buah. Beberapa hal membedakan kopi luwak dengan kopi-kopi lain adalah kopi luwak terbentuk karena setelah kematangannya dari pohon dan jatuh ke tanah ataupun pada saat berada di pohon dimakan oleh hewan Luwak atau sejenis Musang. Kopi yang telah dimakan dan dikeluarkan melalui kotoran luwak inilah yang nantinya diolah dan dijadikan sebagai kopi luwak oleh para petani kopi.

Alasan Kopi Luwak Memiliki Harga Fantastis

Karena proses dari pembentukan dan pengolahan kopi luwak membutuhkan waktu yang lama. Maka perlu kesabaran dan ketelatenan dalam mendapatkan kopi luwak yang berkualitas dan mampu menghipnotis lidah para konsumen kopi nantinya. Proses panjang inilah yang menjadikan kopi luwak memiliki nilai komoditas tertinggi diantara kopi-kopi unggulan lain. Kopi luwak memiliki cita rasa dan kekhasan tersendiri saat Anda menikmatinya. Kopi luwak juga memiliki aroma yang lebih harum dibandingkan dengan kopi lain, kandungan air serta kafein yang rendah dalam kopi luwak juga menjadi alasan mengapa kopi luwak berharga fantastis. Dari sini mungkin Anda telah mengenal sedikit pengetahuan tentang kopi luwak, tidak ada salahnya jika Anda mencoba kopi yang satu ini dalam suasana santai bersama keluarga dan orang-orang tercinta Anda. Pastikan Anda memperoleh kenikmatan dari sensasi aroma dan cita rasa secangkir hangat kopi luwak.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.