Monday, June 4, 2012

Toko Online | SEO Indonesia

Saat ini mulai banyak toko online yang dapat kita temui karena para pelaku usaha beranggapan bahwa berbisnis online dapat menghasilkan banyak keuntungan. Kelebihan dari berbisnis secara online adalah jangkauan pasar yang jauh lebih luas daripada toko offline. Sebagai contoh, toko offline hanya dapat memasarkan produknya di sekitar lokasi, tetapi toko online dapat memasarkan produksi hingga ke berbagai lokasi. Untuk itu, jika Anda ingin memperluas jangkauan pasar dengan mudah, bisnis online mungkin menjadi pilihan yang tepat. Selain jangkauannya yang luas, membuka bisnis online juga hanya membutuhkan modal yang sangat minim. Anda dapat mempergunakan situs-situs gratis seperti jejaring sosial untuk memulai bisnis online dengan modal yang minim.

Keberadaan toko online di Indonesia saat ini sangat menjamur. Banyak pelaku usaha yang tertarik untuk berbisnis online karena banyak sekali manfaat serta keuntungan yang dapat diperoleh dari berbisnis online. Beberapa keuntungan dari berbisnis online diantaranya adalah jaungkauan pasar atau segmentasi pasar yang jauh lebih luas dari toko konvensional atau toko offline. Selain itu, modal yang diperlukan untuk membuka toko online juga jauh lebih minim daripada toko offline. Selain itu, kecanggihan internet serta teknologi lainnya memudahkan penjual dan pembelinya melakukan transaksi dengan cepat, mudah, dan efektif. Terlepas dari berbagai keuntungan ini, berbisnis online juga memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan.

Toko online juga memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan dalam pengoperasiannya. Salah satu kelemahan dari bisnis online yaitu penipuan atau keamanan. Sepertinya, konsumen memiliki resiko yang lebih tinggi akan penipuan dalam perdagangan secara online karena mereka tidak dapat memeriksa langsung barang yang akan mereka beli. Selain itu, keamanan komputer juga menjadi perhatian utama dalam berbisnis onlie. Dalam berbisnis online, para pelaku usaha memafaatkan bermacam platform seperti situs atau blog serta jejaring sosial lainnya. Variasi platform tersebut rentan akan penipuan baik secara dimanipulasi atau dibajak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Di dalam toko online, terkadang keterbukaan total biaya sangat kurang. Artinya, terkadang konsumen agak sulit mengetahui total biaya yang harus dibayar.

Selain itu, ada lagi beberapa kelemahan dari toko online. Diantaranya adalah masalah privasi yang mungkin dianggap sangat penting bagi konsumen. Banyak sekali bisnis online yang mengharuskan para konsumennya menginformasikan beberapa hal yang dianggap sangat personal. Memang tidak ada salahnya menginformasikan hal-hal tertentu untuk menghindari penipuan atau kejahatan lainnya. Namun, di sisi lain dengan memberikan berbagai informasi pribadi kepada toko yang berbasis internet pun beresiko juga akan kasus penipuan. Maka dari itu, dalam memilih toko online para konsumen harus jeli dan teliti agar tidak terkena penipuan. Pelaku usahanya pun harus selalu waspada akan calon konsumen yang mungkin bisa juga melakukan aksii penipuan.

SEO Indonesia

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.