Monday, June 4, 2012

Wisata di Kota Lombok

Jika di Pulau Jawa ada Bandung sebagai salah satu kota pemikat para wisatawan domestik dan mancanegara, maka di Pulau Lombok ada kota Mataram yang bisa dijadikan tempat liburan. Hal ini dikarenakan kota yang merupakan ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat ini menawarkan beraneka ragam tempat liburan keluarga atau bersama teman yang tidak kalah menarik dengan kota lainnya. Kota Mataram merupakan kota kesatuan wisata Lombok dari 3 kota yaitu kota Mataram, Ampenan, dan Cakranegara. Di sana anda bisa berwisata kuliner, budaya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kuliner yang tersedia di Mataram tidak kalah jika dibandingkan dengan kota Bandung yang disebut-sebut sebagai kota kuliner. Anda bisa mencicipi segala macam makanan pedas, karena Mataram terkenal dengan banyak sekali resep makanan pedas dari leluhur.

Sebut saja plecing kangkung, ayam plecingan, ayam julat, sambal beberok, dan masih banyak lagi makanan lainnya. Plecing merupakan nama masakan atau olahan yang diberi bumbu pedas kemudian didiamkan. Setelah itu, dibakar atau digoreng terlebih dahulu dan kemudian diberi bumbu pedas lagi, sehingga rasanya benar-benar sangat pedas di lidah namun tetap nikmat untuk disantap. Bahan dasarnya berbeda-beda, tergantung pada bahan apa yang akan dimasak seperti kangkung atau ayam. Bumbu julat pun tidak kalah pedas dengan bumbu plecing. Sedangkan sambal beberekok bukan merupakan sambal biasa karena sambal ini dibuat dari irisan terong ungu, irisan bawang merah, cabe, dan irisan tomat yang kemudian bisa disantap dengan makanan khas Lombok. Jangan lupa dengan kelapa muda dengan suwiran kelapanya yang menambah nikmat cita rasa kuliner saat wisata ke Lombok.

Tour ke Lombok di kota Mataram ini tidak hanya menawarkan wisata kuliner saja, tapi juga wisata budaya. Anda bisa melihat sejumlah budaya yang terdapat di sana seperti upacara sembahyang orang Hindu dan tata cara menenun yang sudah menjadi warisan leluhur bangsa Indonesia di Lombok. Maka dari itu, anda akan banyak melihat sejumlah toko yang menawarkan cenderamata asli buatan masyarakat Mataram yang sangat indah.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.