Thursday, February 17, 2011

Keajaiban Otak

Keajaiban Otak


Keajaiban Otak, Otak manusia adalah sangat mungkin alat yang paling kuat dan tangguh dari segala atribut biologis organisme yang hidup di planet ini. Kemampuan kita untuk melanggar hukum fisika, waktu, dan ruang melalui internal dan eksistensi imajiner telah mengubah peradaban umat manusia menjadi tanpa batas, kecuali untuk yang kita set diri kita sendiri.

Gelombang otak tidak hanya mengendalikan pikiran, perasaan, dan aspirasi, tetapi juga mengatur dan memantau sistem tubuh kita dan memberitahu kita ketika sesuatu ada yang salah. Ini mungkin adalah salah satu alasan  bahwa cedera otak traumatis merupakan salah satu hal yang paling menakutkan dikarenakan  nyawa korban sulit diselamatkan.
Kita tahu bahwa tubuh butuh latihan. Ketika latihan berhenti, fungsi otak akan berkurang.  Latihan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak, yang secara langsung mengarah pada kesiapan mental.
Struktur molekul otak dipengaruhi dengan cara yang positif. Tiga puluh menit latihan aerobik, bahkan hanya dua kali per minggu meningkatkan produktivitas otak jauh lebih efektif daripada latihan angkat berat saja. Otak memerlukan tambahan glukosa .
Latihan adalah merupakan sarana tumbuh untuk otak. Otak sangat membutuhkan latihan.
Karena kita  berada di alam luar dan menjumpai banyak bahaya, salah satu keajaiban alam adalah otak beradaptasi dan berevolusi sepanjang waktu .  Manusia bukan merupakan yang terkuat di antara makhluk, namun kita memiliki otak yang paling kuat. Sementara iklim berubah dari waktu ke waktu, hanya mereka yang memiliki otak terkuat dapat beradaptasi dan selamat ini adalah salah satu dari  kemampuan otak untuk  bertahan.
Penelitian menunjukkan bahwa keajaiban otak manusia yang lain adalah dalam hal pemecahan masalah menjadi lebih  mudah ketika dua atau lebih indra dimasukkan. Jika kita hanya akan mendengar informasi, kita akan mengingatnya hanya untuk waktu yang singkat. Tetapi jika kita melihat informasi, kita akan mengingatnya untuk jangka waktu lebih lama. Dan jika secara efektif memadukan visual dan indra pendengaran, otak akan mengingat informasi enam kali lebih efektif.