Monday, February 28, 2011

Rahasia 10 Cara Ampuh Menjadikan Blog Anda Beda Dari Blog Lain

10 Cara Ampuh Menjadikan Blog Anda Beda Dari Blog Lain

Berapa banyak blog di Indonesia? Saya yakin banyak, namun jumlah pastinya belum diketahui karena memang belum ada publikasi mengenai hal ini. Dari sekian banyak blog ini, apa yang membedakan blog Anda dengan blog-blog lain? Jika Anda sudah mengenalinya, berarti Anda sudah memiliki modal dasar dan besar yang akan membuat Anda bertahan di tengah kompetisi blog setopik.
Namun, jika sebaliknya, cara-cara berikut bisa menjadikan blog Anda beda dari blog-blog lain.
1. Pilih nama blog yang bermerk
Nama blog adalah merek (brand) Anda sehingga harus mudah diingat dan menarik perhatian. Salah satu contohnya adalah metaMARphose. Simak salah satu postingan uniknya:  menteri, minteri, mentari,dan mantera.
2. Desain tampilan blog secara unik dan minimalis
Jika Anda memiliki uang lebih, Anda bisa memanfaatkan desainer blog untuk mendesain secara unik blog Anda. Namun, jika sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan tema atau template gratisan dan memodifikasinya.
Saya sendiri menggunakan tema gratisan yaitu Prosense buatan DoshDosh. Saya menyukai Prosense karena ramah SEO, sederhana, dan ukurannya kecil. Yang saya lakukan agar beda dengan blog lain yang menggunakan tema ini adalah dengan mengedit sendiri CSS tema ini.
Modikasi yang saya lakukan antara lain mengubah background-nya dengan warna putih, mengubah kolomnya dari 3 kolom menjadi 2 kolom, mengubah warna link tulisan agar mudah dikenali, memperlebar kolom tubuh postingan dan sidebar, dan menambahkan navigasi pada header dan footer.
Selain itu, saya juga menghilangkan widget dan banner yang tidak perlu karena memberatkan waktu loading.
3. Tulis artikel pilar secara sistematis dan mendalam
Daripada Anda mengcopy paste tulisan lain, luangkan waktu Anda untuk membuat artikel pilar secara detail dan sistematis. Memang Anda membutuhkan waktu dan energi yang banyak, namun artikel pilar ini bisa menjadi generator trafik terbaik jangka panjang.
Dalam membuat artikel pilar tersebut, upayakan melink ke tulisan blogger lain. Selain memperkaya wawasan pengunjung, ini merupakan salah satu strategi Anda dalam membangun networking yang menguntungkan.
4. Buat postingan yang jarang dibuat blog lain
Saya suka menonton tinju, terutama tinju dunia. Dalam olahraga ini, kedua petinju saling berhadapan. Nah, dari konsep ini saya memiliki ide untuk menghadapkan 2 blogger dengan pertanyaan yang sama secara bersamaan (Blogger Saling Berhadapan). Selain itu, ide ini juga terinspirasi oleh tulisan sejenis dari Daniel Scocco.
5. Wawancarai Blogger Terkenal
Siapa blogger terkenal yang Anda ketahui? Berkomentarlah di blognya (misalnya sebulan 10 kali), lalu hubungi mereka dan ajukan permohonan wawancara. Sepanjang pertanyaan Anda menarik, mereka besar kemungkinan bersedia. Bila Anda belum familiar dengan bagaimana membuat pertanyaan wawancara, silakan simak ontohnya di wawancara dengan Zizy atau wawancara dengan Medhy Aginta dan Bayu Mukti.
6. Sediakan konten dengan format lain
Ini bisa berupa audio atau video. Umumnya audio dan video dari YouTube. Saya sendiri sedang mempelajari konten dalam format ini. Mudah-mudahan saya bisa menampilkannya dalam waktu dekat.
7. Tulis ebook
Tulis ebook mengenai apa yang Anda kuasai, atau setidaknya tentang pengalaman Anda di bidang tertentu. Bagikan ebook itu kepada pembaca secara gratis. Selain berbagi pengalaman, strategi ini akan menyebarkan citra Anda kepada khasanah  blogosfer (tentunya tergantung kualitas ebook tersebut).
8. Buat Logo, Avatar, dan Favicon
Mengapa ketiga item itu penting? Karena akan menguatkan citra (brand) sebuah blog. Sebagai informasi, saya sedang dalam tahap pembuatan logo Blogodolar. Insya Allah, dalam waktu tidak lama lagi akan terpasang di blog ini.
9. Kritis atau kontroversial
Ungkapkan opini Anda kepada hal-hal yang menurut Anda tidak baik.
10. Jadilah blogger tamu di blog ngetop
Menjadi blogger tamu membuat Anda beda, karena banyak blogger yang tak percaya diri menjadi blogger tamu. Jika Anda tertarik topik blogger tamu, simak keuntungan-keuntungan blogger tamu dan tips menjadi blogger tamu.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.