Monday, February 14, 2011

tekhnik seo off page

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai seo off page. Nah, artikel ini adalah lanjutannya, yaitu mengenai SEO Off Page. SEO Off Page adalah melakukan optimasi terhadap situs Anda menggunakan faktor-faktor di luar situ situ sendiri.

Apa yang paling penting dari SEO Off Page? Jawabannya adalah Backlink dan SERP. Backlink adalah link-link Do Follow pada halaman-halaman situs lain yang mengarah pada situs Anda. Sedangkan Search Engine Result Page (SERP) merupakan halaman yang muncul sebagai hasil dari pencarian yang dilakukan di search engine. Dalam setiap kali penyarian, Google bisa menemukan puluhan hingga milyaran hasil pencarian yang terbagi-bagi menjadi beberapa halaman. Tiap halaman memunculkan 10 website saja. Nah, yang dimaksud meningkatkan SERP adalah bagaimana membuat halaman-halaman yang dimunculkan untuk kata-kata kunci yang kita incar tersebut adalah halaman dari situs kita atau halaman yang mengarahkan ke situs kita (Seperti iklan baris, directory, dll). Bayangkan misalnya pada suatu hasil pencarian kata kunci, dari 10 hasil pencarian halaman pertama, 4 diantaranya mengarah ke halaman situs kita. Itulah yang dinamakan SERP.

Bagaimana cara meningkatkan Backlink dan SERP ini? Banyak metode yang dibahas untuk meningkatkan SERP ini diluar sana (Bisa cari di Google), namun inti dari meningkatkan Backlink dan SERP adalah:

Meletakkan link atau alamat website Anda pada website orang lain yang sudah terlebih dahulu masuk di search engine dan mempunyai ranking yang lebih bagus.

Seperti kita ketahui, ada banyak sekali website yang ada di search engine dimana website-website itu sudah menduduki urutan atas di search engine utama. Banyak dari website ini mempunyai banyak kunjungan dan sering diupdate, Bahkan juga page rank yang tinggi.
Contoh website seperti itu adalah:

• Iklan Baris
• Social Bookmarking
• Forum
• Website Penjualan
• Direktori
• Mailing List
• Blog
• Artikel Direktori


Pada situs-situs tersebut, selain meletakkan link, biasanya kita juga bisa menuliskan deskripsi blog kita juga bukan? Tentunya ini akan sangat membantu untuk menjaring kata-kata kunci yang kita incar.

Membangun Backlink

Seperti membangun SERP , banyak cara yang dilakukan untuk membangun backlink ini (beberapa dapat Anda temukan pada artikel-artikel blog ini). Namun hal-hal dasar dalam rangka membangun backlink adalah:

1. Tautan balik searah (One way Backlink)
Ini merupakan metode membangun backlink yang palingmenguntungkan. One way backlink artinya kita akan mendapat backlink Cuma-Cuma tanpa harus memberi tautan balik kepada situs yang memberi kita backink, ada yang berbayar dan ada yang gratis. Situs-situs yang memberikan layanan ini dengan gratis bisa Anda cari di Google dengan kata kunci "Free One way Backlink", karena saya pun masih kesulitan untuk menemukannya.

Namun beberapa cara yang biusa digunakan untuk membangun one way backlink adalah:

  1. • Berkomentar sebanyak-banyaknya diblog Do Follow (seperti blog ini), tapi jangan spam!
  2. • Pasang iklan, dan URL blog kita sebanyak-banyaknya di iklan baris gratis, forum-forum, Blog Directory, aeticle directory dan situs-situs lain yang memungkinkan.
  3. • Melakukan Bookmark di Social Bookmarking, terutama yang Do Follow, baik yang khusus Indonesia, maupun internasional.

2. Tautan balik Dua Arah (Two Way Backlink)
Metode ini dapat juga dikatakan "Saling memberi backlink". Two Way Backlink berarti Anda juga harus memasang link dari situs yang memberi Anda backlink. Istilah-istilahnya Reciprocal link atau tukeran link. Link yang ditukar ini bisa berupa text link maupun banner/icon. Yang harus Anda perhatikan saat bertukar link adalah:

  1. • Usahakan dengan situs yang memiliki tema terkait dengan situs Anda. Yang tidak terkait juga tidak apa-apa, tapi menurut Google tidak efektif.
  2. • Situs yang diajak bertukar link memiliki pagerank tinggi/sudah punya pagerank.

Metode-metode lainnya akan terus saya bahas melalui artikel-artikel blog ini. Yang terpenting dari postingan SEO On Page dan Off Page yang telah kita bahas ini adalah Anda bisa membedakan mana yang SEO On Page, dan mana yang Off Page.

Jika Anda masih bingung silahkan tanyakan melalui kotak komentar. Dan jika ingin menambahkan silahkan. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat dan dapat dikembangkan kedepannya.

Terima kasih…