Thursday, February 17, 2011

Pengertian Dan Cara Meningkatkan Pageview Blog

Bagaimanakah Cara Meningkatkan Pageview Blog ? Sebelum menjawab pertanyaan ini terlebih dahulu kita harus mengerti apa sebenarnya pageview. Ada dua hal yang harus dipahami mengenai apa yang dimaksud pageview. Yang pertama adalah Average Pageview Per Day biasa juga dikenal sebagai page impression dan yang kedua adalah Average Pageview Per Visit. Average Pageview Per Day adalah jumlah total halaman yang dibuka oleh pengunjung dalam satu hari. Sedangkan Average Pageview Per Visit adalah perbandingan antara total pageview dalam satu hari dengan total pengunjung untuk jangka waktu tertentu.
Lalu apa kontribusinya terhadap blog Anda? Apa pentingnya untuk Anda?
  1. Jika Anda pebisnis online maka Page Impression harus tinggi karena ada pengiklan tertentu mengisayaratkan hanya ingin memasang iklan jika blog Anda mencapai page impression tertentu misalnya 10.000/hari.
  2. Jika Anda blogger tanpa pusing bisnis maka sebaiknya Anda mengejar Average Pageview Per Visit. Jika ini tinggi maka otomatis blog akan dinilai sangat berkualitas isinya.
Sebagai perbandingan, mari kita telaah kasus berikut ini. Ada dua blog yaitu blog A dan blog B;
Nama Blog Total Pageview Today Total Visitor Today
Blog A 2.000 2.000
Blog B 2.000 500
Dengan data di atas, blog mana yang lebih berkualitas isinya? Yang blog B isinya lebih berkualitas karena tiap 1 visitor blog B selalu membuka 4 halaman blog. Sedangkan pada blog A tiap visitor hanya membuka 1 artikel lalu kemudian pergi lagi. Namun dari segi kekuatan menjaring pengunjung Blog A lebih unggul.
Lalu bagaimana cara meningkatkan pageview blog?
  1. Membuat artikel sebanyak mungkin. Semakin banyak artikel akan semakin bagus, artinya kemungkinan jumlah halaman yang dibuka akan makin besar.
  2. Artikel yang berkualitas. Jika seseorang membaca satu artikel dan merasa bahwa berkualitas maka ia akan tertarik untuk membuka artikel yang lain.
  3. Membuat judul artikel yang unik dan menarik. Ini harus dibedakan dengan manipulasi judul, artinya isi artikel berkualitas bagus plus judul yang menarik pula. Artikel yang isinya bagus tapi judulnya jelek susah untuk mendapat perhatian pengunjung.
  4. Loading halaman blog yang cepat. Jika artikel berkualitas namun loading halaman blog lambat, pengunjung biasanya akan bosan menunggu dan ia akan berhenti untuk membuka halaman berikutnya.
  5. Memasang related post atau artikel yang terkait. Ini biasanya akan memberikan pilihan artikel lain yang sejenis untuk dibuka oleh visitor. Saya memasang 30 related artikel dalam blog ini agar semakin banyak pilihan artikel yang bisa dibuka visitor.
  6. Deep Linking. Ini artinya ada kata-kata, frase pada artikel yang menarik perhatian dan berhubungan (link) dengan artikel lain. Jika visitor merasa penasaran, biasanya ia akan mengklik link tersebut.
Sebenarnya masih sangat banyak cara yang lain tetapi jika 6 point diatas sudah dipraktekkan saya sangat yakin pageview sebuah blog akan tinggi.
selamat mencoba!1