Monday, April 9, 2012

Bisnis Makanan

Bisnis makanan dipastikan akan tetap eksis pada masa mendatang asalkan pengelolanya dapat menyajikan sesuatu hal yang unik dengan harga wajar dan tentunya dengan pelayanan yang baik. Bisnis makanan ini dari tahun ke tahun telah terbukti mampu melewati berbagai keadaan ekonomi dunia. Pada masa krisis tetap eksis, Pada masa perekonomian stabil atau berkembang, bisnis ini juga tetap bertumbuh. Sebelum memasuki bisnis makanan, kita terlebih dahulu harus menentukan makanan unik apa yang bisa menjadi ciri khas kita. Akan lebih baik jika makanan unik tersebut adalah makanan yang sulit ditiru oleh orang lain sehingga akan membatasi pesaing baru yang melirik objek yang sama. 

Sajikan saja makanan yang super enak, pasti diserbu pembeli. Apalagi disertai dengan tempat yang strategis. Perputaran uangnya pun cepat. Kalau pembeli sudah merasa cocok dengan produk makanan yang kita produksi, pasti besok akan beli lagi, beli lagi dan beli lagi. Cari saja resep makanan yang jitu, yang super lezat. Juallah, display di toko, buat ruko, warung makan, suplay ke supermarket dan sebagainya banyak cara untuk memasarkannya. Bisnis yang berhubungan dengan perut dari dulu sampai sekarang memang tidak akan pernah mati. Sebab, selagi masih ada manusia yang membutuhkan makanan maka peluang untuk masuk ke cerug bisnis ini masih terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin mencobanya. Apalagi jika pengusaha bisnis makanan bisa memberikan sentuhan serta cita rasa khas kepada produknya maka dipastikan makanan tersebut akan diserbu oleh pembeli.

Jika dilihat untuk makanan yang sudah seattle atau mapan seperti franchise besar yang diwakili oleh KFC, CFC, dan A&W dan franchise kecil yang diwakili oleh Edam, MR. Burger dan yang lainnya, maka masing-masing memiliki cita rasa tersendiri yang sudah standar di mana pun cabang itu berada. Nah, jika bisnis makanan kelas mikro ingin berkembang maka pebisnis di sektor ini juga harus memperhatikan masalah tersebut serta untuk bisa lebih maju lagi sebaiknya melakukan diversifikasi produk serta memperbanyak cabang-cabang yang ada.

Kiat Bertahan. Untuk bisa bertahan di bisnis makanan, pelaku bisnis makanan harus memperhatikan dan menjaga mutu secara terus menerus dan yang kedua para pengusaha tersebut juga harus memikirkan agar usaha mereka tidak mandek. Untuk itu pengusaha UKM di bidang makanan harus bisa melakukan diversifikasi sehingga konsumen bisa melihat suatu produk yang baru sehingga nantinya produk tersebut bisa menjadi branded. Nantinya, brand tersebut bisa masuk ke pasar di mana konsumen tidak lagi melihat produknya tapi lebih melihat kepada brand-nya. Sehingga apapun yang diwakilkan oleh brand tersebut nantinya, konsumen lebih melihat brand yang diusung pengusaha kelas UKM tersebut. Sehingga jika suatu waktu pelaku UKM melakukan launching pruduk baru, trust atau kepercayaan dari konsumen sudah terbentuk bahwa produk tersebut pasti akan enak.

3 Alasan Melirik Bisnis Makanan
1. Bisnis makanan paling populer dan menguntungkan. Sebab, selain karena semua orang butuh makan, bisnis makanan cepat dan mudah dikembangkan.
2. Biaya memulai bisnis makanan pada umumnya kecil. Tidak perlu banyak pengalaman atau pendidikan khusus, karena usaha ini dapat dijalankan asal Anda rajin memantau atau mengelola produksi dan distribusi makanan itu sendiri.
3. Jika memerlukan bantuan tenaga, Anda langsung bisa memberdayakan anggota keluarga.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.