Monday, February 28, 2011

rahasia Mendapat Google Sitelinks dalam Usia 5 Bulan

Blogodolar Mendapat Google Sitelinks dalam Usia 5 Bulan

Kemarin malam saya mengecek sebuah domain yang saya miliki untuk mengetahui apakah sudah terindeks atau belum di Google. Karena domain tersebut belum terindeks, saya iseng mengetikkan blogodolar di Google, sekadar ingin tahu saja seperti apa terindeks itu.
Saya terkejut (sekaligus gembira tentunya) dengan hasil penelusuran yang muncul karena Blogodolar telah mendapat sitelink dari Google. Saya tidak menyangka bakal mendapat sitelink mengingat usia Blogodolar yang masih “bayi” yaitu 5 bulan. Bagaimana cara Blogodolar dalam mendapatkan Google Sitelinks?
Sebelum ke cara mendapatkan Google sitelinks, di bawah ini adalah screen shot sitelinks Blogodolar.

Apa itu sitelinks?

Sitelinks adalah link-link di bawah nama domain suatu blog atau situs yang muncul di hasil pencarian Google. Sitelinks ini akan dihasilkan secara otomatis jika sebuah blog atau situs memenuhi algoritma sitelinks yang dimiliki Google.
Menurut Google, sitelink dibuat sebagai shortcuts yang akan menghemat waktu pengguna sehingga mereka secara cepat menemukan informasi yang dicarinya di sebuah blog atau situs yang muncul di hasil penelusuran Google. Selain itu, menurut beberapa teman, sitelinks akan memberikan prestise bagi blog yang mendapatkannya.

Bagaimana Mendapatkan Sitelinks?

Hanya Google yang tahu bagaimana sitelinks diberikan kepada suatu blog atau situs. Dengan kata lain, algoritma yang digunakan untuk mengahasilkan sitelinks merupakan rahasia Google.
Sejumlah blogger menduga cara-cara mendapatkan sitelinks antara lain:
  1. Usia blog 1 sampai dengan 2 tahun. Dugaan ini gugur karena saya membuktikan bahwa blog yang berusia 5 bulan pun bisa mendapatkan sitelinks.
  2. Blog harus memiliki ribuan page views per hari. Dugaan ini juga terbantahkan karena Blogodolar hanya memiliki page views ratusan. Page views harian paling tinggi adalah 497.

Cara Blogodolar Mendapatkan Sitelinks

Dari fenomena di atas, menurut saya, hal-hal di bawah ini bisa meningkatkan peluang sebuah blog mendapatkan sitelinks. Mohon dicatat, ini hanya dugaan hasil praktik saya dan sewaktu-waktu bisa gugur.
1. Buat nama domain atau nama blog yang unik. Jika kedua nama tersebut terlalu umum, maka click through rates (CTR) di Google tidak akan baik, karena pengguna Google memiliki banyak pilihan di hasil penelusuran.
2. Buat navigasi blog sejelas dan sesederhana mungkin, sehingga pengunjung dan laba-laba Google mudah menjelajahi isi blog.
3. Buat konten yang unik dan original.
4. Buat tagline blog (yang berisi kata kunci yang dibidik) dan deskripsi blog. Contoh sederhananya bisa Anda lihat di tagline dan deskripsi yang dimiliki Blogodolar pada screen shot di atas). Pembuatan kedua hal ini untuk meningkatkan CTR di hasil penelusuran Google.
5. Berikan informasi suatu topik selengkap mungkin bagi pembaca blog Anda. Jika informasi tersebut ada di blog lain, berikan backlink ke blog tersebut. Selain pengunjung bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, membacklink ke tulisan orang lain akan meningkatkan reputasi blog Anda (tidak dicap pelit backlink).Google sendiri menyatakan bahwa blog yang memberikan backlink ke tulisan blog lain disebut blog yang berguna bagi pengunjungnya.
6. Buat Sitemaps Blog dan daftarkan ke Google. Ini berfungsi memberitahukan update blog kepada Google. Jika Anda pengguna wordpress.org, Anda bisa membuatnya dengan plugin Google XML Sitemaps.
Apakah Anda memiliki cara lain dalam mendapatkan sitelinks? Mohon Anda membagikannya di komentar sehingga berguna bagi saya dan yang lain.

hasil copas dari blog tetangga..

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.